Istiqamah |PERHIMPUNAN AL-IRSYAD

Jumat, 05 Agustus 2011

Istiqamah

Jumat, 05 Agustus 2011

Oleh : Jarjani Usman

“Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku suatu ucapan sehingga aku tidak perlu bertanya lagi kepada orang lain. Rasulullah s.a.w. menjawab, “Ucapkanlah ‘Aku beriman kepada Allah, kemudian hendaklah engkau beristiqamah’” (HR. Muslim).

Beristiqamah setelah beriman tak semua manusia mampu menjaganya. Padahal begitu penting beristiqamah atau menetapkan hati setelah keimanan. Apalagi iman bisa mengalami pasang surut setiap saat. Bahkan surut iman seringkali dialami orang setelah sempat berusaha sekuat-kuatnya untuk pasang (imannya) di waktu bulan Ramadhan.

Tentunya sangat riskan bagi manusia yang hidup dalam keadaan iman surut atau bahkan tidak beriman. Sebab, bukan tak mungkin ajal menjemput di saat sedang demikian. Sedangkan Allah sudah mengingatkan dalam al-Qur’an agar jangan sekali-kali mati kecuali dalam keadaan beriman atau dalam keadaan Islam.

Meskipun sudah demikian jelas diingatkan, manusia diberikan peluang untuk memilih untuk mati dalam keadaan beriman atau sebaliknya. Tak sedikit di antara kita yang tak mampu mengontrol hidupnya, sehingga akhirnya mendapati dirinya mati dalam keadaan tanpa beriman. Buktinya, tidak semua orang mampu bertindak lurus atau tetap hidup sesuai dengan tuntunan iman. Malam beriman, siangnya sudah berubah.

Sumber : Serambi Online

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
DPC Perhimpunan Al-Irsyad Aceh Tamiang
Kualasimpang, Aceh, Indonesia
Merupakan Ormas Islam yang mempunyai misi Dakwah, Pendidikan dan Sosial. Perhimpunan Al-Irsyad terdaftar di Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 99/D.III.2/XI/2007 Tanggal 14 November 2007. Perhimpunan Al-Irsyad bertujuan mewujudkan insan cendekia, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, beramal shaleh sesuai dengan tuntunan Syariat Islam. Ketua : SAYED MAHDI HUSEIN Sekretaris : LUKMANSYAH Bendahara : H.ZULKIFLI
Lihat profil lengkapku

Gema Aceh Tamiang

 

Arsip Blog

Multi Bahasa

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Copyright © PERHIMPUNAN AL-IRSYAD | Powered by Blogger | A-R Skin Blogger Template by www.Suara-Tamiang.Blogspot.com