Ampunan Dosa |PERHIMPUNAN AL-IRSYAD

Jumat, 05 Agustus 2011

Ampunan Dosa

Jumat, 05 Agustus 2011

Oleh: Jarjani Usman

“Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan karena ingin mendapatkan pahala, maka dia diampuni dosanya yang telah lewat” (HR. Muttafaqun Alaihi).

Umumnya manusia merasa dirinya amat bermakna dalam hidup ini, bila mampu mengumpulkan harta yang berlimpah. Akibatnya, rasa percaya diri menguat bila mampu memperolehnya, dan melemah bila tidak atau kurang. Namun sebenarnya makna yang paling besar bukan pada banyaknya harta, tetapi pada ampunan dosa.


Para ulama mengingatkan, seseorang yang dosanya sudah diampuni oleh Allah, dialah orang yang paling sukses mengarungi dunia ini. Sebab, ia akan menghadap Allah dalam keadaan suci. Sedangkan sebanyak apapun harta yang dimiliki, seseorang tidak akan membawanya ke alam kubur dan akhirat, kecuali yang dicari dan dipergunakan di jalan yang benar. Di samping itu, setiap bagian dari harta tersebut akan diminta pertanggungjawaban tentang darimana, bagaimana, dan kemana digunakannya.


Karena itu, meskipun dorongan begitu tinggi untuk mencari harta sebanyak-banyaknya, siapapun jangan melupakan bahwa ampunan dosa adalah hal yang utama yang perlu dicari. Bulan suci Ramadhan yang sengaja dihadirkan Allah untuk manusia, adalah di antara saat-saat yang paling utama untuk mendapatkan ampunan dosa. Tentunya, dosa tak akan terampuni, tanpa berusaha untuk memintanya dan memanfaatkan sebanyak-banyak kesempatan di bulan suci itu untuk melatih diri hidup tanpa melakukan perbuatan berdosa.

Sumber : Serambi Online

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
DPC Perhimpunan Al-Irsyad Aceh Tamiang
Kualasimpang, Aceh, Indonesia
Merupakan Ormas Islam yang mempunyai misi Dakwah, Pendidikan dan Sosial. Perhimpunan Al-Irsyad terdaftar di Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 99/D.III.2/XI/2007 Tanggal 14 November 2007. Perhimpunan Al-Irsyad bertujuan mewujudkan insan cendekia, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, beramal shaleh sesuai dengan tuntunan Syariat Islam. Ketua : SAYED MAHDI HUSEIN Sekretaris : LUKMANSYAH Bendahara : H.ZULKIFLI
Lihat profil lengkapku

Gema Aceh Tamiang

 

Arsip Blog

Multi Bahasa

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Copyright © PERHIMPUNAN AL-IRSYAD | Powered by Blogger | A-R Skin Blogger Template by www.Suara-Tamiang.Blogspot.com